Pengaruh Citra Merek Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian di J.Co Donuts & Coffee Mega Mall Manado
Keywords:
Citra Merek, Loyalitas Pelanggan, J.CO Donuts & Coffee, Keputusan PembelianAbstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengaruh citra merek dan loyalitas pelanggan dalam melakukan pembelian di J.CO Donuts & Coffee di Mega Mall Manado. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut yang digunakan untuk mengidentifikasi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, sekaligus berfungsi sebagai pembeda produk. Sementara itu Menurut Shihab (2009), loyalitas didefinisikan sebagai komitmen yang kuat untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan, meskipun ada situasi atau upaya pemasaran yang mungkin menggoda pelanggan untuk beralih. Setiadi (2015:342) menyatakan bahwa pengambilan keputusan (consumer decision making) adalah proses integrasi yang melibatkan penggabungan pengetahuan untuk mengevaluasi beberapa perilaku alternatif, dan kemudian memilih salah satu di antaranya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yang di ambil melalui konsumen yang pernah datang serta membeli produk J.CO Donuts & Coffee di Mega Mall Manado.
References
A. Shimp. T. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.
E. Tampi., L. Tamengkel., & S. Asaloei. 2024. The Influence of Brand Image and Store Atmosphere on Consumer Purchasing Decisions of J.Co Donuts & Coffee Mega Mall Manado City. Productivity Vol. 5 No. 1. 59 – 65
F. Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa, Edisi kedua.Andy offiset, Yogyakarta.
Sakul, O. I., Tampi, J., & Tumbel, T. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli Simcard Telkomsel Pada Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
J. Setiadi. N. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kotler. P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler. P, & Armstrong. G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Kotler. P, & Amstrong. G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler. P., & Armstrong. G. 2017. Principles of Marketing. 17th red. New York.
Kotler. P, & K. L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler. P, & K. L. Keller. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: PenerbitErlangga.
Kotler. P, & L. Keller. 2017. Manajemen Pemasara, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. New York: McGraw-Hill.
Malensang, P. O., L. F. Tamengkel., & A. Y. Punuindoong. 2022. Pengaruh Brand Ambassadordan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri A di IT Center Manado. Productivity. 3 (5) : 445-451
Malik. M. E., Naeem. B, & Munawar, M. 2012. Brand image: past present and future. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 13069 – 13075.
Schiffman. L, & Kanuk. L. L. 2008. Perilaku Konsumen Indonesia: PT Macanan jaya cemerlang
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tirtaatmaja, D.I., J.R.E Tampi., dan A. Y. Punuindoong. 2019. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 9 (1): 90-95
Zeithaml. V. A., M. J. Bitner, & D. D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yokyakarta: Pustaka Ilmu.
Priadana, S.M dan D. Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Situmorang, S. H.dan M. Lutfi. 2014. Analisis Data. Medan: USU Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sahir, S. Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.
https://id.wikipedia.org/wiki/J.CO_Donuts
Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal administrasi bisnis (JAB), 9(3), 18–24.
Ponto, C. R. I., J. A. F. Kalangi dan S. Asaloei. 2023. Pengaruh Brand Ambassadordan Brand Imageterhadap Keputusan Pembelian Produk SkincareGarnier Pada Mahasiswa S1 Universitas Sam Ratulangi. Productivity. 4 (5) : 684-690
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
