https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/issue/feed JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB) 2024-10-29T13:29:25+08:00 Olivia F. C. Walangitan olivia.walangitan@unsrat.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Business Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, University of Sam Ratulangi published this journal. The journal is published every two months a year. The business administration journal contains the results of the publication of scientific works, Alumni, and Students related to Human Resource Management, Marketing, Finance, Entrepreneurship, and other areas of interest in Business Administration. This journal accepts public partnership program publication drafts, book reviews, and research reports. This journal publishes research results covering the areas of human resource risk, sustainable development, marketing mix, production management, management, accounting and finance.</p> <table class="data" style="height: 297px;" width="571" bgcolor="#ffffff"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="21%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">Initials</td> <td width="80%"><strong>: JAB</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>: Bimonthly</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">DOI</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://doi.crossref.org/servlet/useragent" target="_blank" rel="noopener">Prefix 10.35797 Crossref</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">ISSN Print</td> <td width="80%"><strong>: <a title="ISSN" href="https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/manager/setup/%20http:/u.lipi.go.id/1369394872" target="_blank" rel="noopener">2338-9605</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">ISSN Online</td> <td width="80%"><strong>: <a title="e ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1543208442" target="_blank" rel="noopener">2655-206X</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor in Chief</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=8XrejqEAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Olivia F. C. Walangitan</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">Publisher</td> <td width="80%"><strong>: <a title="e-Journal Unsrat" href="https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/index" target="_blank" rel="noopener">Sam Ratulangi University</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="21%">Citation Analysis</td> <td width="80%"><strong>: <a href="https://scholar.google.com/citations?user=5LAt83AAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/31797" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>, <a href="https://www.scilit.net/wcg/container_group/63555" target="_blank" rel="noopener">Scilit</a>, <a title="Journal Stories" href="https://journalstories.ai/journal/2655-206X" target="_blank" rel="noopener">JournalStories</a>, <a title="Library" href="https://onesearch.id/Search/Results?lookfor=2655-206X" target="_blank" rel="noopener">OneSearch</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="23%"> </td> <td width="80%">: <strong>Dimensions.ai</strong></td> </tr> </tbody> </table> https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58703 Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Berbelanja Melalui E-Commerce Di Lampung 2024-10-29T12:00:04+08:00 Ilham Akbar jab.unsrat@gmail.com Berlintina Permatasari berlintina@teknokrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam berbelanja melalui <em>E-Commerce </em>di Lampung<em>. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah 1.666.006 masyarakat di wilayah Kota Bandar Lampung yang pernah menggunakan <em>E-Commerce</em>. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus Slovin. Rumus tersebut digunakan untuk menentukan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam berbelanja melalui <em>E-Commerce </em>di Lampung, sehingga hipotesis pertama diterima<em>. </em>Variabel Kepercayaan Pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam berbelanja melalui <em>E-Commerce </em>di Lampung, sehingga hipotesis kedua diterima<em>. </em>Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan secara bersama–sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam berbelanja melalui <em>E-Commerce </em>di Lampung, hal ini berarti bahwa hipotesis ketiga diterima.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58704 Sikap Perawat, Singkatnya Waktu Tunggu, Kemampuan Komunikasi, dan Ambience Terhadap Kepuasan Pasien di RS XYZ 2024-10-29T12:12:26+08:00 Florencia Adeline florencia.adeline@gmail.com Innocentius Bernarto centius227@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh sikap perawat, Singkatnya Waktu Tunggu, keterampilan komunikasi dan <em>ambience </em>terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit XYZ. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 170 pasien rawat inap. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>Convenient Sampling</em>. Analisis data menggunakan <em>partial least square structural equation modeling </em>(PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap perawat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Begitu pula singkatnya waktu tunggu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Parameter terakhir yaitu <em>ambience </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58705 Desain Proses Untuk Pengiriman Barang Menggunakan Bagan Proses Aliran Pada Departemen Supply Chain Management PT Abhimata Citra Abadi 2024-10-29T12:21:51+08:00 Dinda Tiara Sani dindatiarasani1@gmail.com Ria Arifianti r.arifianti@unpad.ac.id Mas Rasmini mas.rasmini@unpad.ac.id <p>Departemen <em>supply chain management</em> pada PT Abhimata Citra Abadi berperan dalam proses pengiriman dalam memenuhi pesanan kepada pelanggan.&nbsp; Namun, ketepatan waktu pengiriman barang tidak selalu dapat tercapai karena masih terjadi keterlambatan pengiriman. Selain itu, desain proses pada pengiriman berbentuk gambar diagram alir tanpa deskripsi setiap aktivitas pada proses pengiriman. Oleh karena itu, diperlukan adanya aliran proses yang dapat meminimalisir keterlambatan pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagan proses aliran pada pengiriman barang dengan cara menghilangkan pemborosan, menggabungkan, menyederhanakan guna pengiriman dapat tepat waktu sesuai dengan target perusahaan pada proses pengiriman barang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif serta bagan proses aliran.&nbsp; Hasil penelitian ini menemukan penyederhanaan waktu proses pada aktivitas menunggu persetujuan tanda tangan dokumen <em>purchase order</em> PO <em>delivery</em> dan menghilangkan proses pembuatan dokumen <em>delivery order</em> yang dibuat oleh bagian <em>finance</em> menjadi bagian <em>supply chain management</em> dapat menghemat waktu pengiriman barang. Rekomendasi desain proses pengiriman barang menggunakan bagan proses aliran diharapkan dapat mengurangi waktu perpindahan barang yang berhubungan dengan frekuensi perpindahan material dan waktu proses untuk alur pengiriman barang.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58706 Profitabilitas Konglomerat Keluarga di Indonesia Pasca Pandemi 2024-10-29T12:28:54+08:00 Wiliam Santoso wiliam.santoso@ciputra.ac.id <p>Konglomerasi keluarga merupakan fenomena bisnis yang menarik di pasar berkembang, khususnya di Indonesia. Penelitian ini juga menguji perbedaan kinerja pasar antara perusahaan-perusahaan konglomerasi, khususnya di era pasca pandemi yang membutuhkan kemampuan untuk memulihkan kinerja. Untuk menguji 2 hipotesis, uji manova digunakan pada penelitian ini. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 18 perusahaan yang berasal dari 3 konglomerasi yang berbeda. Analisis data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari kinerja profitabilitas konglomerasi berbasis keluarga sebelum, pada, dan setelah era pasca pandemi. Selain itu, tidak ada perbedaan yang signifikan dari kinerja pasar konglomerasi berbasis keluarga sebelum, pada, dan setelah era pasca pandemi.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58707 Reputasi dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Pembelian Produk Tapis 2024-10-29T12:34:57+08:00 Ahmad Palma Anshori anshoripalma@proton.me Shiwi Angelica Cindiyasari shiwi.angelica@teknokrat.ac.id <p>Penjualan produk kain sarung di Rahayu Gallery pada tahun 2023 masih sedikit dan mengalami penurunan setiap bulannya. Menurut pengelola Galeri Rahayu, hingga saat ini kain tapis di Galeri Rahayu belum banyak diketahui masyarakat sehingga kunjungan ke Galeri Rahayu sangat sedikit. Hal ini juga mempengaruhi tingkat penjualan produk tapis yang dijual Rahayu Gallery, oleh karena itu diperlukan langkah untuk meningkatkan kepercayaan pembelian produk Tapis di Rahayu Gallery terutama dengan meningkatkan reputasi dan electronic Word of Mouth. Jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Tapis di Galeri Rahayu sebanyak 70 orang dan sampel sebanyak 70 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Tapis di Galeri Rahayu. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Tapis di Galeri Rahayu. Reputasi dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pembelian produk Tapis di Rahayu Gallery.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58708 Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Setia Biro Psikologi & Human Resource Consulting di Bandar Lampung 2024-10-29T12:40:44+08:00 Imam Rukmana Putra rukmanaimam50@gmail.com Ade Candra adecandra@teknokrat.ac.id <p>Persoalan dalam memotivasi karyawan tidak mudah karena dalam diri karyawan terdapat keinginan, kebutuhan dan harapan yang berbeda antara satu karyawan dengan karyawan lain. Kesuksesan suatu organisasi dalam mengelola sumber daya manusia yang dimiliki sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Setia Biro Psikologi &amp; <em>Human Resource Consulting</em> di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan total partisipan 35 orang. Pengumpulan daa dalam penelitian ini menggunakan alat ukur berupa skala mengenai kinerja karyawan, motivasi kerja dan lingkungan kerja serta data akan di olah dengan SPSS <em>for windows </em>versi 24.0 menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis data untuk menjawab hipotesis pertama diperoleh nilai R=0,554 nilai F=7,087 dengan signifikansi p = 0,003 (&lt; 0,01). Kemudian, hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien korelasi (rx1y)= 0,530 dengan p = 0,001 (p &lt; 0,05). Hipotesis ketiga menunjukan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,690 dengan p = 0,000 (p &lt; 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa variabel motivasi kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58709 CAR dan NIM Pada Profitabilitas di Industri Perbankan 2024-10-29T12:46:12+08:00 Dini Amin Elsadai diniaminelsaday@gmail.com Ade Candra adecandra@teknokrat.ac.id <p>Perbankan memiliki fungsi penting dalam perputaran suatu sistem perekonomian modern membuat Indonesia tidak bisa terlepas dari perbankan dalam pertumbuhan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CAR dan NIM pada profitabilitas di industri perbankan (Studi Pada Bank umum di Indonesia tahun 2017-2022). Sampel yang digunakan penelitian ini adalah semua bank umum di Indonesia yang sebanyak 110 bank. Jenis penelitian peneliti ini adalah penelitian&nbsp; kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Secara parsial CAR dan NIM mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ROA. Secara simultan CAR dan NIM mempunyai pengaruh signifikan terhadap ROA.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58710 Pengembangan Karir dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan Pada Generasi Z Di Bandar Lampung 2024-10-29T12:53:32+08:00 Galang Prajodi galangprajodi020799@gmail.com Wulan Rezky Amalya wulan.rezky@teknokrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Retensi Karyawan pada Generasi Z di Bandar Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 175 responden yang merupakan karyawan Generasi Z di Bandar Lampung. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan sumber data yang digunakan untuk penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuiesoner melalui Google Form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji vliditas, uji reliabilitas, uji T, uji F, dan uji regresi linier berganda yang terdiri dari koefisien determinasi (R2). Selanjutnya diolah dengan perangkat lunak aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Karir tidak berpengaruh signifikan terhadap retensi karyawan pada Generasi Z di Bandar Lampung dan Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap retensi karyawan pada Generasi Z di Bandar Lampung.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58712 Label Halal dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Kosmetik 2024-10-29T13:00:42+08:00 Mhd Arief Pramana mhdariefpramana1504@gmail.com Nurizal Ismail nurizal@tazkia.ac.id Solahuddin solahuddin@nplecturer.tazkia.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak label halal dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal pada generasi Z di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner yang di isi oleh responden, terkait label halal dan pengetahuan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk kosmetik. Adapun populasi penelitian ini mencakup generasi Z di wilayah Jabodetabek dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen&nbsp; pengumpulan data, serta analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi Smart PLS 3. Pemilihan sampel menggunakan metode acak sederhana dan sebanyak 100 responden terpilih untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, label halal dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal pada generasi Z di wilayah Jabodetabek. Secara spesifik variable label halal dan secara parsial pengetahuan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan produk kosmetik halal di Jabodetabek. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti batasan geografis dan kurangnya pertimbangan terhadap beberapa variabel eksternal. Oleh karena itu, disarankan agar upaya penelitian selanjutnya memperluas cakupan dan mempertimbangkan faktor eksternal tambahan.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58713 Direct Marketing, Sales Promotion, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Purchase Decision 2024-10-29T13:07:49+08:00 Radinka Anindita radinkaanindita@student.telkomuniversity.ac.id Syahputra syahputra@telkomuniversity.ac.id <p>Meningkatnya perilaku belanja <em>online</em> di Indonesia mendorong <em>marketplace</em> untuk berinovasi dan berkembang untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Namun, beberapa <em>marketplace</em> fokus untuk menciptakan persepsi positif di benak konsumen tanpa memahami preferensi dan karakteristik konsumen, yang merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>direct marketing</em>, <em>sales promotion</em>, dan <em>hedonic shopping motivation</em> terhadap <em>purchase decision</em> pada fitur Shopee Live. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 385 responden yang menggunakan Shopee Live di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang meliputi analisis data deskriptif, <em>method of successive interval</em>, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>direct marketing</em> dan <em>sales promotion</em> berada pada kategori sangat baik, sedangkan <em>hedonic shopping motivation</em> berada pada kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan <em>direct marketing</em>, <em>sales promotion</em>, dan <em>hedonic shopping motivation</em> terhadap <em>purchase decision</em> secara parsial dan simultan.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58714 Sistem Work From Home Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT ABC 2024-10-29T13:13:50+08:00 Rifa Syakira Salman rifa20001@mail.unpad.ac.id Rusdin Tahir rusdin@unpad.ac.id Zaenal Muttaqin zaenal.muttaqin@unpad.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan sistem Work From Home (WFH) terhadap produktivitas kerja karyawan di PT ABC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk mengevaluasi pengaruh variabel input, proses, dan output WFH terhadap produktivitas kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem WFH secara signifikan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan dengan nilai sig sebesar 0.000 &lt; 0.05. Kontribusi variabel WFH terhadap produktivitas kerja adalah sebesar 48.1%, sementara sisanya 51.9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa variabel Output WFH memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel Input dan Proses WFH berpengaruh tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan hasil ini, perusahaan disarankan untuk meningkatkan kualitas koneksi internet karyawan, menyediakan pelatihan manajemen waktu, menetapkan kebijakan kerja yang jelas, memberikan fleksibilitas dalam jam kerja, serta membangun program penghargaan kinerja untuk mengoptimalkan produktivitas dalam sistem WFH. Penelitian ini mendukung pandangan bahwa penerapan sistem WFH, jika dikelola dengan baik, dapat meningkatkan produktivitas kerja dan keseimbangan kehidupan karyawan.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58716 Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung 2024-10-29T13:22:29+08:00 Rilo Pambudi rilopambudiarstk@gmail.com Berlintina Permatasari berlintina@teknokrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>influencer marketing</em> dan <em>online customer review</em> terhadap minat beli produk <em>fashion</em> di <em>TikTok Shop</em> pada masyarakat kota Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan generasi Z di wilayah Bandar Lampung dengan usia 21 sampai dengan 23 tahun yang berjumlah 130 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>influencer marketing</em> dan <em>online customer review</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk <em>fashion</em> di <em>TikTok</em><em> Shop</em>.</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58717 Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM 2024-10-29T13:29:25+08:00 Junyta Elisabeth junitaelisabeth2001@gmail.com Ruzikna ruzikna.r@lecturer.unri.ac.id <p>Penelitian ini&nbsp; membahas pengaruh pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap kinerja keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan fokus pada sektor kuliner ayam goreng di Kota Pekanbaru. Data menunjukkan bahwa UMKM, khususnya di sektor kuliner, memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi, yang terkait erat dengan tingkat pengetahuan keuangan dan sikap keuangan pelaku UMKM.Dalam penelitian ini penulis mengunakan variabel Pengetahuan Keuangan (X<sup>1</sup>) dan Sikap Keuangan (X<sup>2</sup>)oleh (OECD,2016) dan Kinerja Keuangan UMKM (Y) oleh&nbsp; Jubaedah &amp; Destiana.Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan&nbsp; metode statistik deskriptif dan Metode analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan perhitungan stastistik dicari dengan program SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial maupun simultan pengetahuan keuangan dan sikap keunagan memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM</p> 2024-10-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024