STRATEGI MENCIPTAKAN DAYA SAING NILAI PRODUK USAHA MIKRO DI MANADO (STUDI KASUS UD. KLOEMAN BAKERY)

Authors

  • Kana Lang

Abstract

ABSTRAK

Kewirausahaan merupakan suatu pengalaman langsung praktek bisnis di lapangan, karena kewirausahaan merupakan bakat sejak lahir, sehingga kewirausahaan tidak dapat diajarkan dan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang dapat dilekatkan pada produk perusahaan Bakery sebagai strategi untuk menciptakan daya saing usaha mikro. Hal ini dilakukan untuk mengetahui strategi menciptakan daya saing nilai produk usaha mikro, yang dituangkan dalam bisnis model kanvas atau yang dikenal dengan istilah “Nine building blocksâ€. Nine Building Blocks†yang memudahkan bagi wirausaha mendapatkan nilai-nilai apa saja yang dapat dilekatkan pada produk atau bisnis yang dibangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kloeman Bakery setelah menerapkan Bisnis model Kanvas. Hal ini dapat diketahui dari kinerja perusahaan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan adanya “Nine Building Blocks†menjadikan Kloeman Bakery lebih diminati para konsumen khusunya dikalangan pasar seperti anak sekolah, mahasiswa, karyawan, dan orang tua.

 

Kata kunci: Strategi, Daya Saing, Nilai Produk, Usaha Mikro

Author Biography

Kana Lang

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,

Universitas Sam Ratulangi, Manado, 95115, Indonesia

Downloads