KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN OBJEK WISATA SUMARU ENDO REMBOKEN
Abstract
ABSTRAK
Persaingan tempat wisata di Kabupaten Minahasa, mendorong tempat wisata untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Masing-masing tempat wisata mempunyai program yang terus diperbaharui.Program-program tersebut berbentuk layanan-layanan baru yang memudahkan konsumen.Semua itu dimaksudkan untuk menarik konsumen menjadi langganan baru.Penelitian ini bertujuan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen objek wisataSumaru Endo Remboken.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner ini dibagikan kepada konsumen objek wisata Sumaru Endo Remboken. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear bergandaHasil analisis regresi menunjukan Bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara simultan terhadap Jaminan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen objek wisata Sumaru Endo Remboken.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen