ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT SILOAM MANADO)

Authors

  • Natasja Hosang

Abstract

ABSTRAK

 

Sektor jasa, terutama pelayanan kesehatan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memiliki prospek yang baik. Kondisi ini membuat persaingan menjadi lebih ketat. Setiap rumah sakit harus dapat menggunakan berbagai cara untuk menarik pasien melalui kualitas layanan. Masyarakat cenderung menuntut layanan kesehatan yang cepat dan lebih baik . Banyak rumah sakit yang menyadari hal itu, sehingga mereka harus mencapai itu kepuasan pasien dalam berbagai strategi untuk mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit SILOAM Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit SILOAM Manado. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan diketahui bahwa variable kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.

Kata kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan, Harga

Author Biography

Natasja Hosang

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Downloads

Published

2016-01-22

Issue

Section

Articles