PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, STRUKTUR MODAL, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA SEKTOR OTOMOTIF

Authors

  • Andri Mandalika

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui apakah stuktur aktiva, struktur modal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap nilai perusahaan sektor otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif di bidang manajemen keuangan. Lokasi penelitian di Bursa Efek Indonesia secara online dengan pengambilan data secara sekunder. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor manufaktur subsektor otomotif dengan menggunakan laporan keuangan tahun 2011-2014. Populasi perusahaan adalah 10 perusahaan, sampel sebanyak 9 perusahaan subsektor otomotif di Bursa Efek Indonesia. Data dihitung menggunakan analisis rasio keuangan dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan yaitu secara simultan struktur aktiva, struktur modal, dan pertumbuhan penjualan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai perusahaan pada perusahaan sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Juga secara parsial struktur aktiva, struktur modal, serta pertumbuhan penjualan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai perusahaan pada perusahaan sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata Kunci: struktur aktiva, struktur modal, pertumbuhan penjualan, nilai perusahaan

Author Biography

Andri Mandalika

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Downloads

Published

2016-01-22

Issue

Section

Articles