PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND ATTITUDE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA DAN SMK DI KOTA MANADO)
Abstract
ABSTRAK
Â
Lingkungan bisnis bergerak sangat dinamis, serta mempunyai ketidakpastian paling besar. Di abad millenium seperti sekarang perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif (competitive rivalry) dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang setia (pelanggan), dan salah satunya adalah melalui ‘perang’ antar merek. Segmen pasar Handphone pintar atau yang biasa disebut dengan smartphone semakin lama semakin diminati oleh banyak konsumen. Penurunan penjualan produk Nokia beberapa tahun terakhir mengindikasikan bahwa terdapat penurunan Keputusan Pembelian konsumen pada produk tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness dan Brand Attitude terhadap Keputusan Pembelian Handphone merek Nokia Pada Siswa SMA dan SMK di Kota Manado. Sampel yang digunakan sebanyak 104 responden. Hasil penelitian secara simultan Brand awareness dan Brand Attitudes berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu Variabel Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia di Kota Manado. Variabel yang dominan berpengaruh adalah Brand Attitudes.
Kata kunci: Brand Awareness, Brand Attitude, Keputusan Pembelian