PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SULUTGO CABANG UTAMA MANADO
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan usaha perbankan bank daerah di manado telah mengalami perkembangan salah satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) PT. Bank SulutGo Cabang Utama di Manado yang memiliki reputasi
yang baik dan memiliki jumlah nasabah yang cukup banyak dibandingkan bank-bank daerah yang lain yang ada di Sulawesi Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SulutGo Cabang Utama di Manado. Metode penelitian menggunakan simple random sampling, dengan teknik analisis regresi berganda, dan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan komunikasi interpersonal memiliki positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas nasabah. Pihak frontliner perlu
memperhatikan harapan dan kepuasan nasabah agar terciptanya loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa perbankan di Bank SulutGo Cabang Utama di Manado.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal, Loyalitas Nasabah.