PENGARUH COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING, NILAI, KEUNGGULAN PRODUK DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK MEGA JL. PIERE TENDEAN MEGA MALL MANADO)

Authors

  • Nita Woran

Abstract

ABSTRAK

Customer relationship marketing dapat memberikan manfaat bagi pelanggan, dan memungkinkan mempersulit hambatan persaingan bagi pesaing, sehingga memampukan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehingga penelitian ini diarahkan untuk mengetahui hubungan antar variabel yang memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu customer relationship marketing sebagai strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  customer relationship marketing nilai nasabah, keunggulan produk dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer  yang diperoleh melalui kuesioner ini dibagikan kepada  nasabah PT Bank Mega.  Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa customer relationship marketing nilai nasabah, keunggulan produk dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah

 

Kata kunci: Customer Relationship Marketing, Nilai Nasabah, Keunggulan produk, Kepuasan Nasabah  dan  Loyalitas Nasabah

Author Biography

Nita Woran

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi

Manado 95115, Sulawesi Utara, Indonesia

Downloads

Published

2016-04-22

Issue

Section

Articles