PENGARUH PUBLIC RELATION DAN STRATEGI PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAMSUNG S5 DI MANADO

Authors

  • Kevin Ernes Andries Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

public relation, strategi periklanan, keputusan pembelian

Abstract

Semakin banyak inovasi dan produk baru yang ditawarkan oleh pihak Samsung mendorong para konsumen untuk lebih selektif dalam menentukan pilihan. Perusahaan harus menyusun strategi yang akurat, diantaranya adalah dengan meningkatkan dan memaksimalkan konsep public relation dan strategi periklanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh public relation dan strategi periklanan terhadap keputusan pembelian produk HP Samsung S5 di Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Public relation dan periklanan, berpengaruh positif dan simultan terhadap keputusan pembelian. Manajemen perusahaan sebaiknya terus meningkatkan kualitas public relation dan metode periklanan agar lebih maksimal dan masyarakat benar-benar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat sebelum memutuskan untuk membeli sehingga dapat meningkatkan kualitas laba dan citra yang baik demi kemajuan perusahaan dan mencapai profit yang maksimal.

References

Hanik Mufarihah ,2013, Dampak Periklanan Terhadap Minat Beli Pada Hp Samsung Galaxy(Studi Eksplorasi Pengguna Hp Samsung Galaxy Di Semarang) http://jurnal.unimus.ac.id; http://download.portalgaruda.org, Diakses Juli, 17, 2015.

Rani Nasir, 2014, Komunikasi,Promosi Dan Kualitas Layanan Untuk Meningkatkan Citra PT. PLN (PERSERO) Area MANADO Jurnal EMBA 913Vol.2 No.2Juni 2014, Hal. 913-925; http://download.portalgaruda.org , Diakses Juli, 17, 2015.

Zimri R. Mawara, 2013, Periklanan dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor YAMAHA Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 826-835,http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108865&val=1025, Diakses Juli, 17, 2015.

Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Drummond, Helga, 2003 : Metode Penelitian Bisnis, Jilid 1, Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Henry Simamora. 2000, Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Husein, Umar, 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks..

Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rumanti A. Maria. 2002, Dasar-dasar public relations, Gramedia, Jakarta

Santoso, Singgih, 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta

Suyanto, M., 2007. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset, Yogyakarta.

Tunggal. Amin, Widjaja. 2008. Dasar-Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvarindo.

Downloads

Published

2016-05-27

Issue

Section

Articles