PENGARUH DAU, DAK, PAD TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN (KOTA MANADO TAHUN 2001-2013)

Authors

  • Meilita Lukitasari Anwar Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, 9511, Indonesia

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, DAU, DAK, PAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) dan Kemiskinan secara parsial dan simultan pada pemerintah daerah kabupaten/kota Manado selama kurun waktu 2001 sampai dengan 2013. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode deskripsi dengan menggunakan data sekunder (time series) yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Manado. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi Kepustakaan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis Penelitian ini yaitu analisis jalur/Path analysis dengan model regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS untuk menguji pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan secara parsial dan simultan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Dana Alokasi Umum berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB), Dana Alokasi Khusus tidak ada pengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB), Pendapatan Asli Daerah tidak ada pengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB). Secara simultan Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) dan Kemiskinan .

References

Abdul Halim (2001) : Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Amalia, Lia, (2007) : Ekonomi Internasional, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Amin Pujiati (2013) : Analysis Of Economic Growth At Regional District Sub Province Semarang In The Fiscal Decentralization Era

Angelique G. Nindi (2015) : Poverty and Economic Growth in Swaziland: An Empirical Investigation. University Of South Africa.

Anggiat Situngkir (2009) : Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi,PAD, DAU, Dan DAK Terhadap Anggaran Belanja Modal Prov. Sumatera Utara.

Anis Setiyawati, (2007) : Analisis Pengaruh PAD, DAU, DAK, dan Belanja Pembangunan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, dan Pengangguran. Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo.

Azwar, Abubakar Hamzah, Raja Masbar, Sofyan Syahnur (2008) : Economic Growth Disparity among the Regions in Aceh, Indonesia.

Badan Pusat Statistik Kota Manado, Tahun 2000-2014

Badudu, J. S, Sutan Mohammad Zain (2001) : Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta :Pustaka Sinar Harapan.

Boediono. (2010) : Seri Sinopsis Pengantar Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE

Choirullah. (2007) : Ekonomi Pembanguan. http://epserv.fe.unila.ac.id. (Diakses : 01 Februari 2015, 19.30 WIB).

Darwanto (2007) : Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, PAD, DAU, Dan DAK Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (studi pada kota di Jawa Tengah).

David Cox dalam Suharto (2005:132-133) Dimensi Kemiskinan.

Dewi K. Sunusi (2010) : Analisis Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Pada Pertumuhan Ekonomi dan dampknya terhadap kemiskinan di Sulawesi Utara

Dini Arwanti, Novita Hadiati (2013) : Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah Kab/Kota Di Propinsi Jawa Barat. Universitas Widyatama Bandung.

Febrian Dwi Prakarsa (2013) : Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Pengeluaran Pemerintah Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus di kab/kota Jawa Timur Tahun 2008-2012). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

Hajiji, Ajid (2010) : Pertumbuhan Ekonomi, Ketidakmerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan di Provinsi Riau tahun 2002-2008 Tessis : Bogor : Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Halim, Abdul, ( 2004) : Akuntansi Keuangan Daerah, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Harahap, Y ( 2006) : Analisis Sosial Ekonomi Rumah Tangga Kaitannya dengan Kemiskinan di Perkotaan. Laporan Penelitian Hukum Lingkungan Mahasiswa S-2 Ilmu Hukum, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Harniati (2010) , Tipologi Kemiskinan dan Kerentanan Berbasis Argoekosistem dan Implikasinya pada Kebijakan Pengurangan Kemiskinan, (http://www.ipb.ac.id/).

Ilham Tajuddin, Basri Hasanuddin, Rahmatia, Paulus Uppun (2014) : The Effects Of General Allocation Funds, Special Allocation Funds And Revenue-Sharing Funds On Investment, Economic Growth, Economic Structure, And Employment. University Of Hassanudin, Indonesia.

Jhingan, ML. Ekonomi Perencanaa & Pembangunan, edisi pertama. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali, 2000.

Setyawati, Anis (2007) : Analisis pengaruh PAD, DAU, DAK dan Belanja Pembangunan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan dan Pengangguran, Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo.

Kuncoro Mudrajad (2004) : Otonomi dan pembangunan daerah, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Lestari L F Simanjuntak, Ahmad Subeki, Ika Sasti Ferina, and Hasni Yusrianty (2013) :Analysis Of Flypaper Effect In General Allocation Fund And Regional Original Income To Regional Expenditure Of Districts And Cities In South Sumatera

Mahmudi. (2006) : Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Yogyakarta:Andi.

Mardiasmo (2002) : Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Mawarni, Darwanis, Syukriy Abdullah (2013) : Pengaruh PAD, DAU Terhadap Belanja Modal Serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Pada Kab/Kota Di Aceh). Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Pendi Dewanto, Rujiman, dan Agus Suriadi (2014) : Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Dikawasan Mebidangro. Universitas Sumatera Utara.

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2005, Tentang Dana Alokasi Umum.

Permendagri No. 13 Tahun 2006, Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Rusdarti & Lesta Karolina Sebayang (2013) : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Tengah.

Saerofi, Mujib. (2005) : Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan Sektor Potensial Di Kabupaten Semarang (Pendekatan Model Basis Ekonomi dan SWOT).

Sukirno, Sadono (2000) : Makro Ekonomi Teori Pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Suryawati, C.(2005): Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional [Tesis].Universitas Diponegoro, Jawa Tengah

Todaro MP. Smith SC (2006) : Pembangunan Ekonomi, dalam Pendi Dewanto dkk (2014), jurnal: Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan terhadap pengentasan kemiskinan di kawasan Mebidangro, Universtitas Sumatera Utara

UU. No. 24 Tahun 2004, Tentang Kemiskinan.

UU. No. 25 Tahun 1999, Tentang Dana Alokasi Khusus.

UU. No. 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah.

UU. No. 33 Tahun 2004, Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan

Pemerintah Daerah.

Yuliadi, Imamudin. (2009): Perekonomian Indonesia, Masalah dan Implementasi Kebijakan. UPFE-UMY : Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-05-27

Issue

Section

Articles