IMPLEMENTASI SISTEM PRODUKSI PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA: INDUSTRI KECIL MENENGAH “IKM” DI DESA TOULIANG OKI)

Authors

  • Ramon Patrick Karamoy Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

Sistem Produksi, Bahan Baku, Tata Letak

Abstract

Sistem Produksi begitu penting pada dunia industri, khusnya terhadap industri kecil menengah. Sistem produksi yang baik terletak pada penentuan serta penetapan bahan baku yang tepat sesuai kebutuhan, agar bisa bersinergi dengan baik serta efektif dan efisien sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari implementasi sistem produksi dalam penentuan bahan baku dan penetapan tata letak yang tepat bisa berpengaruh terhadap hasil akhir produk mebel pada Industri Kecil Menengah di Desa Touliang Oki. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Kesimpulan penelitian ini bahwa, sistem produksi didalam usaha mebel di Desa Toliang Oki yang khususnya dalam hal bagian bahan baku dan tata letak tidak berjalan dengan baik dan semestinya.

Downloads

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles