ANALISA LAPORAN SUMBER-SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT. FAST FOOD. TBK

Authors

  • Agus Suratinoyo Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado, 95115, Indonesia

Keywords:

Modal Kerja, Likuiditas

Abstract

Modal kerja perusahaan sebaiknya tersedia dalam jumlah yang cukup agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal sehingga suatu perusahaan bisa beroperasi secara ekonomis dan juga dapat menekan biaya operasional perusahaan menjadi rendah, menunjang segala kegiatan operasi perusahaan secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan pada PT. Fast Food. tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder artinya data laporan keuangan perusahaan tidak diperoleh langsung dari perusahaannya, melainkan melalui pengambilan data pada Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang didasarkan pada perhitungan untuk mengetahui pengelolaan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja perusahaan serta bagaimana hubungannya dengan tingkat likuiditas perusahaan. Data yang dianalisis berupa laporan keuangan yang terdiri dari Neraca dan Laporan Laba Rugi selama 4 periode yaitu 2011, 2012, 2013 dan Triwulan III 2014.

References

Paper dalam Jurnal

Chatterjee S 2010. The Impact of Working Capital Management on the Profitability of the Listed Companies on the London Stock Exchange. Working Paper Series, SSRN.

Dong HP, Su J 2010. The Relationship between Working Capital Management and Profitability: A Vietnam Case, Int. Res. J. Financ. Econ. 49:59-67.

Falope OI, Ajilore OT 2009. Working Capital Management and Corporate Profitability: Evidence from Panel Data Analysis of Selected Quoted Companies in Nigeria, Res. J. Bus. Manage. 3:73-84.

Gill A, Nahum B, Neil M 2010. The Relationship between Working Capital Management and Profitability: Evidence From The United States. Bus. Econ. J. 1-9.

Jenita. 2002. Analisis Sumber dan Penggunaan Dana Dalam Rangka Menilai Kinerja Perusahaan Studi Kasus Pada PT. Bank Riau. Jurnal Akademi Keuangan dan Perbankan Riau.

Karaduman HA, Akbas HE, Ozsozgun A, Durer S 2010. Effects of Working Capital Management on Profitability: The Case of Selected Companies in the Istanbul Stock Exchange (2005-2008), Int. J. Econ. Financ. Stud. 2(2):47-54.

Rizki, Melizar, Rangkuti. 2004, Analisis Sumber Dan Penggunaan Dana Dalam Penilaian Kinerja Perusahaan PT (PERSERO) Pelabuhan Indonesia-I Medan. Jurnal Ekonomi.Universitas Sumatera Utara Medan.

Kurniaty. 2007. Analisis Sumber-Sumber Dan Penggunaan Dana Pada Perusahaan Daerah Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Kalimantan.

Idawati, Sukirni dan Pujiningsih.2003. Pengaruh Perubahan Earning Per Share Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Buku

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Bumi Akserasi.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Prenada Media Grup. Jakarta.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Kaur J. 2010. Working Capital Management in Indian Tyre Industry. Int. Res. J. Financ. Econ. 46:7-15.

James C.Van Horne. Prinsip- prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Kesembilan.Salemba Empat 1997.

Mamduh M. Hanafi. 2010. Manajemen Keuangan, edisi 1. BPFE, Jogjakarta.

Prof. Suakrdi, Ph.D. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara. Yogyakarta.

Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan, Liberty. Jogjakarta.

Moh. Nazir, 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta, Ghalia Indonesia

Artikel Internet

www.idx.co.id

www.kfcindonesia.com

Downloads

Published

2016-08-23

Issue

Section

Articles