ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014 (STUDI KASUS PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK DAN PT. XL AXIATA TBK)

Authors

  • Claudia Friska Kindangen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

analisis perbandingan, kinerja keuangan, rasio keuangan

Abstract

Kinerja keuangan merupakan gambaran dari pencapaian keberhasilan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu yang dapat membantu para investor untuk mengambil suatu keputusan dalam berinvestasi pada suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan kinerja keuangan dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT. XL Axiata Tbk Periode Tahun 2011-2014. Metode yang digunakan adalah Komparatif. Alat analisis yang digunakan Uji Beda (Paired Sampel t-test). Sampel yang diambil adalah laporan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT. XL Axiata Tbk Periode 2011-2014. Dari hasil perhitungan untuk nilai Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Asset Ratio (DAR), dan Return on Asset (ROA), menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan PT. XL Axiata Tbk Periode 2011-2014. Untuk nilai Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity Ratio (ROE), hasil perhitungan menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan PT. XL Axiata Tbk Periode 2011-2014.

Downloads

Published

2016-08-24

Issue

Section

Articles