ANALISIS PERENCANAAN AUDIT LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA KAP ARIESMAN AULY, DRS)

Authors

  • Ruchmawati Ruchmawati Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Keywords:

ALK, Perencanaan ALK, Kualitas Audit, SPAP, Akuntan Publik, SPM

Abstract

Untuk menghasilkan kualitas audit yang baik, auditor harus melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar audit yang ditetapkan, yaitu sesuai dengan Standar Auditing dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia, yang meliputi : (1) Standar Umum (2) Standar Pekerjaan Lapangan (3) Standar Pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan audit pada KAP Drs.Ariesman Auly dan untuk mengetahui apakah perencanaan audit laporan keuangan yang dilakukan oleh KAP Ariesman Auly Drs, sudah sesuai dengan Standar Profesi Akuntan Publik yang diterapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia dalam SPAP. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa perencanaan audit laporan keuangan yang diterapkan oleh KAP Drs. Ariesman Auly telah sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik.

Downloads

Published

2016-10-12

Issue

Section

Articles