ANALISIS KONTRIBUSI DAN TREND PENERIMAAN PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH STUDI PADA KABUPATEN MINAHASA UTARA PERIODE TAHUN (2007-2013)

Authors

  • Anita Sayangbati Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, 95115 Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi Pajak daerah dan Retribusi Daerah yang  diberikan terhadap Pendapatan Asli Daerah dan mengetahui besarnya Potensi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah  Kabupaten MinahasaUtara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Sekunder berupa Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah Tahun 2007 sampai 2013. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Deskriptif Statistik dan Analisis Trend. Hasil Penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif statistik menunjukan bahwa Pajak Daerah Kontribusinya semakin meningkat dan penerimaannya mengalami trend positif dengan slope curam yang menunjukkan penerimaan Pajak Daerah akan meningkat dengan cepat. Retribusi Daerah kontribusinya semakin menurun dan trend penerimaannya juga positif.

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles