ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA PADA PABRIK TAHU “IBU SITIâ€
Abstract
Tujuan sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba yang dapat di pergunakan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Mendapatkan keuntungan atau laba dan besar kecilnya laba sering menjadi ukuran kesuksesan suatu manajemen. Dimana untuk pencapaiannya memerlukan penerapan strategi manajemen yang benar dalam perusahaan, perolehan laba dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu volume produksi, harga jual, dan biaya. Analisis cost-volume-profit (biaya-volume-laba) menyajikan informasi hubungan biaya, volume dan laba kepada manajemen. Sehingga memudahkan dalam menganalisis faktor yang mempengaruhi pencapaian laba perusahaan dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep cost-volume-laba untuk perencanaan laba pada Pabrik Tahu “Ibu Sitiâ€. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa titik impas tahun 2015 pada Pabrik Tahu “Ibu Siti†terjadi pada angka Rp.90.693.514 dengan penjualan sebanyak 226.735 tahu dan dengan margin of safety 86,9% dari penjualan dengan angka rupiah sebesar Rp.600.652.800. Sebagai rekomendasi, Pabrik Tahu “Ibu Siti†sebaiknya mempertahankan pengelolaan biaya-biaya agar tetap cermat dan efisien, dengan demikian kemampuan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas pada masa yang akan datang dapat berjalan dengan baik.
Â