ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) di KOTA MANADO TAHUN 2011-2015 Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado

Authors

  • Jovanly Atteng Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Era Otonomi Daerah menjadi tantangan bagi setiap daerah untuk memanfaatkan peluang dalam menggali potensi daerah. Upaya peningkatan PAD dapat dilakukan dengan meningkatkan efektivitas penerimaan pajak daerah dari sumber PAD khususnya pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemungutan pajak reklame terhadap PAD Kota Manado serta mengetahui kontribusi dari realisasi penerimaan pajak reklame dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Manado tahun 2011-2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Data yang digunakan adalah pajak reklame. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis efektivitas dan kontribusi. Hasil dari penelitian adalah Tingkat efektivitas untuk pajak reklame tahun 2011 63.96%, tahun 2012 65.74%, tahun 2013 65.74%, tahun 2014 67.24% dinyatakan kurang efektif dan tahun 2015 129.90% dinyatakan sangat efektif. Kontribusi pajak reklame terhadap PAD Kota Manado dari tahun 2011 0.0173%, tahun 2012 0.0154%, tahun 2013 0.0140%, tahun 2014 0.0123%, dan tahun 2015 0.0222%. Kontribusi pajak reklame dinyatakan masih kurang dikarenakan ada pajak-pajak lain yang lebih besar penerimaannya seperti Pajak Penerangan Jalan dan Pajak Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan.

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles