ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT BANK CENTRAL ASIA, TBK

Authors

  • Billy Theodorus Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap peningkatan laba perusahaan dan untuk menganalisis perbedaan sebelum dan setelah diterapkannya program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan. Metode Penelitian yang dipakai  adalah metode analisis perbandingan rata-rata (Compare Means) dengan metode analisis Paired-Sample T Test. Paired Sample T Test adalah analisi dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu, dengan menggunakan alat bantu SPSS. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif. Untuk mengukur rasio profitabilitas peneliti menggunakan ROA sebagai alat ukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih berdasarkan tingkat aset tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas PT. Bank Central Asia, Tbk. setelah penerapan CSR mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan CSR. Dengan kata lain, setelah penerapan CSR PT. Bank Central Asia, Tbk. mampu dalam memanfaatkan seluruh kekayaannya untuk menghasilkan laba dibandingkan dengan sebelum penerapan CSR.

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles