PENGARUH MEREK, DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE EBEN HAEZAR MANADO

Authors

  • Gloria Tengor Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi telah mencakup banyak hal terutama di bidang komunikasi.Khusus di kalangan mahasiswa peningkatan komunikasi ditunjukkan dengan semakin banyaknya mahasiswa menggunakan teknologi komunikasi khususnya iPhone sebagai alat komunikasi karena pengaruh berbagai kelebihan yang terdapat dalam produk tersebut.iPhone memiliki berbagai atribut produk yang khas dan unggul jika dibandingkan dengan merek lain. Khususnya di Kota Manado atribut produk yang menonjol adalah merek , desain dan kualitas produknya yang oleh semua mahasiswa di Manado dijadikan alat ukur terhadap teknologi komunikasi yang akan digunakan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek, desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian iPhone pada mahasiswa yang ada di Kota Manado. Merek merupakan nama,atau istilah symbol yang dirancang untuk mengidentifikasikan produk, desain produk adalah salah satu aspek pembentuk citra produk sedangkan kualitas produk adalah suatu kemampuan yang dimiliki prodak untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen  Keputusan pembelian merupakan kegiatan-kegiatan yang secara langsung terlibat dalam mempergunakan produk, termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut. Merek, desain dan kualitas produk sebagia atribut akan berpangaruh keputusan pembelian konsumen Handphone. Dalam penelitian ini metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan Uji F dan Uji t untuk menguji hipotesa.Populasi yang diambil adalah mahasiswa yang menggunakan iPhone dan berdomisili di Kota Manado. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 orang mahasiswa, dan dianalisis dengan SPSS versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan ternyata merek, desain produk, dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone mahassiswa STIE Eben Haezar di kota Manado. Disarankan hendaknya manajemen memproduksi iPhone yang lebih focus dalam memunculkan desain Handphone sebagai garis depan pemasaran produknya.

Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles