STRATEGI PROMOSI, KUALITAS PRODUK, DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT MEREFERENSIKAN RUMAH PADA PURI CAMAR LIWAS PT. CAMAR SAPTA GANDA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan puri camar liwas PT. camar sapta ganda. untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan puri camar liwas PT. camar sapta ganda, serta untuk mengetahui pengaruh desain terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan puri camar liwas PT. camar sapta ganda. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian yaitu strategi promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan di Puri Camar Liwas dari PT. Camar Sapta Ganda. Sedangkan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan di Puri Camar Liwas dari PT. Camar Sapta Ganda; strategi promosi, kualitas produk, serta desain berpengaruh signifikan terhadap minat mereferensikan untuk pembelian perumahan di Puri Camar Liwas dari PT. Camar Sapta Ganda baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui keputusan pembelian; keputusan pembelian secara langsung tidak berpengaruh terhadap minat mereferensikan pembelian perumahan di Puri Camar Liwas dari PT. Camar Sapta Ganda. Saran yaitu pihak perusahaan PT. Camar Sapta Ganda sebagai developer perumahan Puri Camar Liwas perlu memperhatikan hasil temuan penelitian ini dalam rangka meningkatkan keputusan pembelian perumahan mereka baik yang sudah ada maupun di masa yang akan datang serta meningkatkan keinginan atau minat mereferensikan perumahan mereka di masa yang akan datang. Perusahaan lainnya yang bergerak di bidang industri perumahan juga perlu memperhatikan hasil temuan penelitian ini dengan meningkatkan strategi promosi, kualitas produk, serta desain perumahan mereka dalam rangka meningkatkan keputusan pembelian dan minat mereferensikan perumahan mereka pada konsumen lainnya. Peneliti yang ingin meneliti seperti penelitian ini bisa mereplikasi model penelitian ini yang dilakukan pada obyek, lokasi, perusahaan, serta industri lain untuk mengetahui kinerja pegawai pada organisasi lain.