PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJERIAL PADA PT. PLN (PERSERO) CABANG MANADO
Abstract
Perkembangan perusahaan sangat pesat pada masa perdagangan bebas seperti saat sekarang. Persaingan global ini memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dimana konsumen akan mempertimbangkan, biaya, nilai, dan manfaat sebuah produk. Perkembangan perdagangan dunia menuntut perusahaan perusahaan yang sudah ada untuk tetap dapat bertahan agar dapat bersaing dengan perusahaan perusahaan yang akan bermunculan, dan tetap terus memperoleh keuntungan. Total Quality Mannagement atau manajemen kualitas terpadu adalah suatu cara meningkatkan kinerja secara terus menerus (continous performance improvement ) pada setiap level operasi atau proses  dari setiap area fungsional suatu organisasi. Menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia. Objek dalam penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Cabang Manado. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Total Quality management dapat meningkatkan kinerja manajerial.