PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN SERVICESCAPE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Freshmart Manado)

Authors

  • Pricylia Wauran Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari promosi penjualan dan Servicescape terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotionse bagai Variabel intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dari Freshmart Manado. Penelitian ini menggunakan sebanyak 150 sampel.Metodeanalisis yang digunakan adalah metode analisis jalur. Hasil penelitian hipotesis pertama Promosi penjualan terhadap Impulse buying diperoleh nilai sebesar 0,269.Hasil pengujian hipotesis kedua Servicescape terhadap Impulse buying diperoleh nilai sebesar 0,539. Hasil pengujian hipotesis ketiga Shopping emotion terhadap Impulse buying diperoleh nilai sebesar 0,417. Dan hasil penelitian hipotesis keempat Promosi penjualan terhadap Impulse buying dengan Shopping emotion sebagai variable Intervening diperoleh nilai dari Promosi terhadap Shopping emotion diperoleh nilai sebesr 0,539 dan Shopping emotion terhadap Impulse buying diperoleh nilai sebesar 0,417. Masing-masing variable menyatakan antara Promosi penjualan dan Shopping emotion terhadapImpulse buying memiliki pengaruh yang signifikan, dan Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap Impulse buying dengan Shopping emotion sebagai variable penghubung. Sedangakan Servicscape tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Impulse buying. Secara simultan variable Promosi,Servicescape dan Shopping emotion sebagai variable Intervening memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable Impulse buying.

Downloads

Published

2016-10-15

Issue

Section

Articles