KOORDINASI DISTRIBUSI RANTAI PASOKAN AYAM PEDAGING (STUDI KASUS PADA PETERNAKAN AYAM DESA TOUNELET SATU KECAMATAN SONDER KABUPATEN MINAHASA)

Authors

  • Grathya Pearly Mongilala Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado 95115, Indonesia

Keywords:

Manajemen rantai pasokan, distribusi, koordinasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model dan bentuk koordinasi aliran distribusi rantai pasokan ayam pedaging di peternakan ayam Desa Tounelet Satu Kecamatan Sonder. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan koordinasi aliran distribusi rantai pasokan ayam pedaging di peternakan ayam Desa Tounelet Satu dimulai dari peternak yang menjual seluruh hasil produksi peternakan kepada perusahaan yang merupakan mitra kerja tetap dari peternak, selanjutnya perusahaan menjual hasil produksi peternakan berupa ayam pedaging kepada pemborong. Pada pemborong ayam pedaging hidup diproses menjadi daging ayam lalu disalurkan kepada pedagang pemborong, pedagang pengecer, rumah makan, supermarket/swalayan, serta pemborong menjualnya langsung kepada konsumen. Dari pedagang pemborong, pedagang pengecer, rumah makan, supermarket/swalayan kemudian menjualnya kembali kepada konsumen. Para peternak sebaiknya mengurangi peran perusahaan dengan cara melakukan kerjasama dan penjualan langsung kepada pemborong, sehingga dengan demikian peternak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan dengan jalur distribusi yang lebih pendek.

Downloads

Published

2016-10-21

Issue

Section

Articles