PENGARUH BELANJA MODAL PEMERINTAH DAERAH DAN INVESTASI SWASTA TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA MANADO (TAHUN 2006-2015)

Authors

  • Glenn Yericko Sondakh Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Abstract

Kota Manado merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dengan laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Pertambahan penduduk mengharuskan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja di kota manado, Salah satu peran pemerintah dalam hal ini adalah memfasilitasi investor-investor asing maupun swasta.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah dan Investasi Swasta Terhadap Kesempatan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Manado tahun 2006-2015. Teknik analisis yang di gunakan adalah model analisis path dengan data sekunder. Hasilnya, ada hubungan positif dan signifikan antara investasi pemerintah dan swasta terhadap peningkatan kesempatan kerja yang juga mengurangi tingkat pengangguran di Kota Manado. Begitupun dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kota Manado, meskipun tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh investasi pemerintah dan swasta namun apabila terjadi kenaikan dalam sektor tersebut, akan membuka kesempatan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Manado.

Downloads

Published

2017-07-04

Issue

Section

Articles