PERAN SEKTOR PERBANKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDONESIA MEMASUKI PASAR MEA TAHUN 2010-2015

Authors

  • Margareta Waworuntu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Perbankan Indonesia yang terbukti mampu bertahan dari krisis ekonomi global tahun 2008 telah terbukti memiliki kinerja yang baik diharapkan mampu menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). UMKM merupakan salah satu komponen pelaku usaha yang mempunyai sumbangan cukup besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia. Untuk meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia adanya hal penting yang harus dilakukan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini melihat peran perbankan dan mengembangkan daya saing UMKM di Indonesia memasuki MEA. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif. Menggunakan metode analisis data deskriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. dalam sebuah penelitian kualitatif yang hasilnya dideskripsikan berdasarkan pada tujuan. Hasil analisis Pemerintah harus lebih memperhatikan perkembangan UMKM dan perbankan dalam meningkatkan kualitas perbankan di Indonesia dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Downloads

Published

2017-07-14

Issue

Section

Articles