PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH , DANA ALOKASI KHUSUS, DAN DANA BAGI HASIL PAJAK/BUKAN PAJAK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA TAHUN (2004 – 2013)

Authors

  • Rosita Novalina Laranga Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang umum digunakan dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Pertumbuhan Ekonomi digunakan sebagai ukuran atas perkembangan atau kemajuan perekonomian dari suatu negara atau wilayah karena berkaitan dengan aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat khususnya dalam hal peningkatan produksi barang dan jasa. Di kabupaten Halmahera Utara pertumbuhan ekonomi cenderung berfluktuasi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak  terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten halmahera utara. Data yang digunakan adalah pendapatan asli daerah, dana alokasi khusus, dan dana bagi hasil pajak/bukan pajak (data time series 10 tahun dari tahun 2004 – 2013) metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil estimasi, hanya Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi sedangkan Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Khusus tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

 

Downloads

Published

2017-07-24

Issue

Section

Articles