PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI BELANJA DAERAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN (2005-2014)

Authors

  • Reggie W Mononimbar Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Belanja Daerah sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian menggunakan data realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang di ambil selama kurun waktu 10 tahun, mulai dari tahun 2005 sampai tahun 2014. Data-data tersebut diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah ( Dispenda ). Hasil regresi pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Pajak Daerah berpengaruh signifikan terhadap Belanja Daerah, sedangkan Retribusi Daerah tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Hasil regresi kedua menunjukkan Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Belanja Daerah bersama-sama tidak memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

Downloads

Published

2017-10-20

Issue

Section

Articles