ANALISIS POTENSI SEKTORAL DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI SULAWESI UTARA (Kasus Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon dan Kota Kotamobagu)

Authors

  • Donny Paduli Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi pembangunan daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Karena potensi pembangunan masing-masing daerah umumnya sangatlah berbeda, baik dari segi geografis, sumber daya alam, sumber daya manusia, kondisi ekonomi, sosial dan budaya. Perbedaan potensi pembangunan daerah ini menyebabkan kemampuan daerah untuk bertumbuh dan berkembang menjadi tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Analisis Potensi Sektoral dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Sulawesi Utara (Kasus Kota Manado, Bitung, Tomohon dan Kotamobagu). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Location Quetiont (LQ) dan Klassen Tipologi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa di Kota Manado Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan pertumbuhan terbesar di Kota Manado adalah sektor keuangan sebesar sedangkan yang paling kecil  sektor jasa-jasa. Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan kontribusi paling besar adalah sektor perdagangan besar eceran sedangkan kontribusi paling kecil adalah sektor pertambangan dan penggalian. Kota Bitung Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan pertumbuhan terbesar  di Kota Bitung adalah sektor bangunan, kontruksi sedangkan yang paling kecil sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan kontribusi paling besar adalah sektor industri pengolahan sedangkan kontribusi terkecil adalah sektor pertambangan dan penggalian. Kota Tomohon Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan pertumbuhan terbesar  di Kota Tomohon adalah sektor industri pengolahan sedangkan yang paling kecil sektor perdagangan. Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan kontribusi paling besar adalah sektor pertanian sedangkan yang paling kecil sektor listrik, gas dan air minum. Kota Kotamobagu Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan pertumbuhan terbesar  di Kota Kotamobagu adalah sektor industri pengolahan sedangkan yang paling kecil sektor pertanian. Penyerapan tenaga kerja menurut sektor ekonomi dengan kontribusi paling besar adalah sektor perdagangan sedangkan yang paling kecil sektor listrik, gas dan air minum.

Downloads

Published

2017-10-20

Issue

Section

Articles