ANALISIS SEKTOR BASIS DAN NON BASIS EKONOMI KOTA TOMOHON TAHUN 2011-2015

Authors

  • Irawaty Maslowan Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Pertumbuhan ekonomi tentu tidak lepas dari kondisi pertumbuhan ekonomi nasional. Perubahan kondisi ekonomi yang terjadi dalam skala nasional sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi di daerah. Pembangunan daerah merupakan motor penggerak untuk pembangunan nasional, yang menjadikan pemerintah daerah sebagai perencana untuk melakukan berbagai macam transformasi ekonomi demi kesejahteraan masyarakat yang ada.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Analisis sektor basis dan non basis ekonomi dan kinerja perekonomian kota TTomohon. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Location Quetiont (LQ) dan dan Shift Share.

 

Hasil analisi Location Quetient  perekonomian Kota Tomohon menunjukan ada delapan sector ekonomi yang menjadi sector basis atau sektur unggulan yakni sector pertambangan, sector pengadaan listrik dan gas, sector pengadaan air, sector konstruksi,  sector real estate, sector jasa pendidikan, sector jasa kesehatan dan jasa lainnya. Kinerja perekonomian Kota Tomohon hanya sector real estate yang memiliki pertumbuhan cepat dan memiliki daya saing yang kuat. Dinamika berbagai factor yang mempengaruhi perekonomian Kota Tomohon memberikan dampak terhadap timbulnya sifat fluktuatif dari kinerja sector-sektor ekonomi. Dari sisi analisis proportional shift atau pendekan pertumbuhan sektoral terdapat 12 sektro ekonomi yang memiliki pertumbuhan cepat yakni Sekor  Pengadaan Listrik dan Gas, Sekor Pengadaan Air, Sekor  Konstruksi, sekor perdagangan, Sekor Transportasi, Sekor Akomodasi, Sekor Informasi, Sekor Jasa Keuangan, Sekor Jasa Pendidikan, Jasa Kesehatan, Sektor Jasa Perusahan dan Sekor Jasa Lainnya. 

 

Downloads

Published

2017-10-02

Issue

Section

Articles