ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KOTA MANADO

Authors

  • Andri Masuara Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Vecky A.J. Masinambow
  • Patrick Ch Wauran

Abstract

Kota Manado yang merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara yang pada setiap akses pembangunan memerlukan sistem informasi yang perlu diberitahukan kepada masyarakat melalui media cetak maupun media visual dan audio visiual. Dalam proses pembuatan reklame yang pada umumnya dilakukan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta yang diwajibkan membayar pajak reklame. Penerimaan nilai pajak reklame yang cukup tinggi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yang diantaranya faktor jumlah penduduk, tingkat pendapatan per kapita dan jumlah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk, pendapatan per kapita dan jumlah perusahaan terhadap penerimaan pajak reklame di Kota Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dari tahun 2003-2016, dan di analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel jumlah penduduk dan jumlah perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan tetapi memiliki hubungan positif terhadap penerimaan pajak reklame, dan variabel pendapatan per kapita memiliki pengaruh yang signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap pajak reklame di Kota Manado.

Downloads

Published

2017-12-18

Issue

Section

Articles