FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TABUNGAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TAHUNA BARAT KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Authors

  • Pricilia I. Kasiang Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi , Manado 95115, Indonesia
  • Vekie Rumate
  • Mauna Th. B Maramis

Abstract

Tabungan masyarakat adalah bagian dari pendapatan yang diterima masyarakat yang tidak digunakan untuk konsumsi atau dengan kata lain tabungan masyarakat merupakan selisih antara pendapatan dan konsumsi masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan masyarakat di kecamatan tahuna barat kabupaten kepulauan sangihe.

Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah responden 50 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pendapatan, konsumsi, dan tingkat suku bunga sebagai variabel independen dan tabungan masyarakat sebagai variabel dependen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap tabungan masyarakat, konsumsi mempunyai hubungan negatif dan signifikan terhadap tabungan masyarakat, sedangkan tingkat suku bunga mempunyai hubungan positif dan tidak signifikan terhadap tabungan masyarakat.

Downloads

Published

2018-07-17

Issue

Section

Articles