ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NERACA TRANSAKSI BERJALAN DI INDONESIA PERIODE 2010:Q1-2017:Q4

Authors

  • Marviony Lapian Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Tri Oldy Rotinsulu
  • Patrick C. Wauran

Abstract

Neraca transaksi berjalan begitu penting artinya bagi suatu negara karena transaksi berjalan menggambarkan situasi atau keadaan perekonomian di suatu negara sehingga penting untuk memperhatikan perkembangan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

                Neraca transaksi berjalan merupakan salah satu komponen dalam neraca pembayaran yang mencatat neraca perdagangan, neraca jasa, pendapatan atas investasi dan transaksi unilateral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi neraca transaksi berjalan di Indonesia.

                Jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode Error Correction Model (ECM). Data yang digunakan adalah data sekunder berbentuk runtut waktu (time series) yang merupakan data kuartalan selama periode 2010:Q1 – 2017:Q4.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi China dan nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap neraca transaksi berjalan di Indonesia pada jangka pendek maupun jangka panjang. Sedangkan inflasi dalam negeri dan PDB hanya berpengaruh signifikan terhadap neraca transaksi berjalan di Indonesia. pada jangka panjang.

Downloads

Published

2018-07-17

Issue

Section

Articles