ANALISA KOMODITAS/PRODUK UNGGULAN DI KABUPATEN KEPULAUAN SITARO

Authors

  • Patrick Ch. Wauran Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Dalam pengembangan suatu wilayah, pengembangan tidak dapat dilakukan serentak pada semua sektor perekonomian akan tetapi diprioritaskan pada pengembangan sektor-sektor perekonomian yang potensi berkembangnya cukup besar. Karena sektor ini diharapkan dapat tumbuh dan berkembang pesat yang akan merangsang sektor-sektor lain yang terkait untuk berkembang mengimbangi  perkembangan sektor potensial tersebut. Setiap daerah atau wilayah memiliki potensi yang berbeda-beda, itu disebabkan karena keadaan suatu wilayah yang berbeda-beda sehingga sumber daya alam yang ada didaerah juga berbeda-beda. Untuk mengelolah dan mengembangkan suatu daerah pemerintah perlu melihat sumberdaya yang dimiliki, apabila sumberdaya yang dimiliki melimpah maka perkembangan wilayahnya akan cepat begitu pula sebaliknya apabila wilayah tersebut sumberdayanya sedikit maka perkembangan wilayahnya akan lambat. Tentu saja dalam melihat potensi yang ada perlu memperhatikan komoditas/produk unggulan disetiap daerah. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah pemerintah dalam melihat potensi yang menjadi sektor basis didaerah tersebut.

Tujuan penelitian mengetahui komoditas/produk unggulan untuk dikembangkan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan SITARO. Metode penelitian yang digunakan analisis Shift Share. Hasil penelitian didapat ialah peningkatan perekonomian di Kabupaten Kepulauan SITARO disumbangkan oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor perdagangan Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, sektor konstruksi dan transportasi. Perekonomian Kabupaten Kepulauan SITARO mempunyai daya saing yang tinggi dan keunggulan kompetitifnya tinggi. untuk komoditi/ produk unggulan yang sangat cocok dengan kondisi wilayah di Kabupaten Kepulauan SITARO untuk pertanian ialah komoditi pala, cengkeh,ubi kayu, kelapa, keneri dan jagung. Untuk buah-buahan ialah salak, mangga, kedondong, jeruk ikan, jeruk nipis dan pisang mas.  Sedangkan untuk perikanan ialah malalugis, cakalang, tude, deho dan tongkol. Bidang usaha untuk perdagangan ialah toko kelontong, kios UKM dan distributor makan. Bidang usaha di sektor transportasi ialah taxi antar pulau, taxi lokal dan mini bus. Budang usaha sektor konstruksi ialah konstruksi bangunan dan jalan.

 

Downloads

Published

2018-04-11

Issue

Section

Articles