PENGARUH TENAGA KERJA BELANJA PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA TOMOHON (Studi Pada Kota Tomohon Tahun 2005-2016)

Authors

  • Yuliani Andreita Pangkey Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Samratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Debby Ch. Rotinsulu
  • Audie O. Niode

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Kota Tomohon adalah salah alat ukur untuk melihat kondisi perekonomian yang terjadi secara berkesinambungan yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan PDRB dari tahun ke tahun, dengan jumlah tenaga kerja dan belanja pemerintah yang sedang berkembang. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh tenaga kerja dan belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Tomohon. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik kota Tomohon tahun 2005-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kota Tomohon, sedangkan belanja pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kota Tomohon.

 

Downloads

Published

2018-12-11

Issue

Section

Articles