PENGARUH SUKU BUNGA DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP JUMLAH DANA DEPOSITO BERJANGKA PADA BANK UMUM DI PROVINSI MALUKU UTARA (Periode 2011.1 – 2018.2)

Authors

  • Destri Malang 123Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Samratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Tri Oldy Rotinsulu
  • Patrick C. Wauran

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah dana deposito pada bank umum adalah tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita. Objek dalam penelitian ini adalah Provinsi Maluku Utara, menggunakan data runtun waktu tahun 2011.1 – 2018.2 secara kuartalan yaitu data tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita Maluku Utara terhadap jumlah dana deposito berjangka. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk memperoleh data yang tersedia. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi suku bunga maka semakin besar pula jumlah dana deposito pada bank umum di Provinsi  Maluku Utara dan juga pendapatan perkapita yang semakin besar akan meningkatkan jumlah dana deposito pada bank umum di Provinsi Maluku Utara. Oleh karna tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita secara signifikan bersifat positif, maka pemerintah Maluku Utara perlu meningkatkan pembangunan ekonomi, sehingga memicu tingkat produktivitas daerah yang akan meningkatkan tingkat suku bunga dan pendapatan perkapita di Provinsi Maluku Utara.

Downloads

Published

2018-12-11

Issue

Section

Articles