ANALISIS PENGARUH ALIRAN INVESTASI ASING DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI INDONESIA (2013.I – 2017.IV)

Authors

  • Stevia Manopode Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Amran T. Naukoko
  • Dennij Mandeij

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan ukuran utama keberhasilan pembangunan dan hasil dari pertumbuhan ekonomi dapat di lihat dalam Produk Domestik Bruto yang dihasilkan tiap tahun. Pertumbuhan ekonomi dapat dipengaruhi berbagai faktor internal maupun eksternal. Dalam faktor eksternal seperti, Foreign Direct Investment, Ekspor dan Impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Foreign Direct Investment, Ekspor dan Impor terhadap Produk Domestik Bruto. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa publikasi dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan alat analisis Ordinary Last Square (OLS) dan diolah dengan menggunakan eviews 8 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Foreign Direct Investment berpengaruh secara positif tapi tidak signifikan terdahap Produk Domestik Bruto, Ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto dan Impor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto.

Downloads

Published

2019-09-04

Issue

Section

Articles