ANALISIS DETERMINAN PERMINTAAN MASYARAKAT SULAWESI UTARA TERHADAP JASA PENGIRIMAN PAKET POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) (STUDI KASUS : KANTOR POS MANADO)

Authors

  • Alesandro Theo Talinusa 123Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Een N. Walewangko
  • Patrick C. Wauran

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa pengiriman, perusahaan ini sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai sarana komunikasi dan juga memberikan layanan pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga, pendapatan perkapita, jumlah penduduk terhadap permintaan jasa pengiriman paket pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari tahun 2003 – 2017. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis adalah eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jasa pengiriman. Variabel pendapatan perkapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap jasa pengiriman. Dan variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jasa pengiriman. Sebagai upaya untuk meningkatkan jasa pengiriman maka perlu inovasi usaha untuk meningkatkan permintaan jasa pengiriman paket pos dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam pasar jasa pengiriman. Dan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan dan juga harga yang terjangkau guna memenuhi permintaan jasa pengiriman. Kepuasan sangatlah penting dalam meningkatkan permintaan jasa pengiriman, oleh karena itu diharapkan agar tingkat pelayanan lebih ditingkatkan lagi.

Downloads

Published

2019-10-03

Issue

Section

Articles