ANALISIS FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAB SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA MANADO (STUDI KASUS KECAMATA MALALAYANG)

Authors

  • Lila Fadhila Gobel urusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ruratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Vecky A.J. Masinambow
  • Patrick C. Wauran

Abstract

      Permasalahan sampah menjadi masalah yang harus mendapat perhatian lebih oleh pemerintah dan juga masyarakat, seiring laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Tidak bisa kita pungkiri bahwa sampai saat ini masih banyak masyarakat yang berperilaku buruk terhadap lingkungan. Mereka membuang sampah sembarangan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sosial ekonomi (pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) yang mempengaruhi pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Manado (studi kasus Kecamatan Malalayang). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan kuesioner kepada responden dengan jumlah responden 35 responden. Alat analisis yang di gunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan sampah rumah tangga, variabel pekerjaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan sampah rumah tangga, variabel pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan sampah rumah tangga.

Downloads

Published

2020-01-27

Issue

Section

Articles