ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KEMISKINAN DAN PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI SULAWESI UTARA (2015-2018)

Authors

  • Magdalena Laode Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Daisy S.M Engka
  • Jacline I. Sumual

Abstract

Pembangunan Manusia merupakan sebuah proses pembangunan yang bertujuan agar mampu memiliki lebih banyak pilihan, khususnya dalam pendapatan, kesehatan dan pendidikan. Salah satu tolak ukurnya dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulawesi Utara periode 2015-2018. Model regresi digunakan adalah analisis regresi data panel dengan metode random efek. Hasil penelitian menunjukan pertumbuhan ekonomi berpengaruh postif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia, kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia, sedangkan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Secara bersama-sama hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2015-2018.

Downloads

Published

2020-08-13

Issue

Section

Articles