PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN PEDEDASAAN (Study kasus: 5 Desa Distrik Bokondini Kabupaten Tolikara Papua).

Authors

  • Kelabur Yikwa Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Amran T Naukoko
  • Steeva Y. L Tumangkeng

Abstract

               Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi masyarakat pada pengelolaan alokasi dana desa dalam menunjang pembagunan perdesaan di Distrik Bokondini Kabupaten Tolikara Papua. Dalam memperjelas permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini, maka penulis  mempergunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh dengan melakukan survei langsung melalui wawancara dengan 10  orang responden disetiap desa yang menjadi sampel sesuai dengan kebutuhan analisis terkait dengan objek penelitian data.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dengan mengunakan tabel-tabel hasil analisis data. Hasil penelitian Partisipasi masyarakat pada pengelolaan alokasi dana desa dalam menunjang pembagunan pedesaan 5 Desa, dimana dalam proses Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan  ada tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Berdasarkan hasil penelitian, tahapan perencanaan, dilihat dari musrembang yang diadakan tim pelaksanaan Alokasi Dana Desa masih kurang efektif, dimana dalam kegiatan musrembang partisipasi masyarakat masih sangat rendah, dikarenakan kurangnya  transparansi informasi yang disampaikan oleh perangkat 5 Desa  kepada masyarakat lima desa distrik bokondini Desa Pada tahapan pertanggungjawaban dalam proses Pengelolaan Alokasi Dana Desa masih kurang efektif, dimana penyusunan laporan pertanggungjawaban tidak disususn serta tidak adanya evaluasi kegiatan yang seharusnya dilakukan bersama masyakat Hal ini karena proses yang tercipta dalam setiap tahapan Pengelolaan Alokasi Dana Desa tersebut belum sesuai dengan prinsip pengelolaan.

Downloads

Published

2020-09-04

Issue

Section

Articles