PENGARUH PROMOSI TEMPAT WISATA DAN KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR OBJEK WISATA (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar Objek Wisata Pantai Batu Buaya Di Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo)
Authors
Mohamad Yasir Tolinggi
123Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
Daisy S.M. Engka
Ita Pingkan F. Rorong
Keywords:
Pariwisata, Kesejahteraan Masyarakat, Multiple linear regression
Abstract
Pembangunan pariwisata tentunya perlu adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat serta pihak-pihak terkait untuk memperkenalkan pada wisatawan local maupun wisatawan manca negara mengenai potensi yang dimiliki daerah sihingga dapat menarik minat kunjungan dan membawa dampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar objek wisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder berupa jumlah kunjungan wisatawan selama 10 tahun dan teknik wawancara dengan mengumpulkan jawaban responden dan dihitung menggunakan skala likert, pada penelitian ini jumlah responden yang diambil sebagai sampel penelitian berjumlah 10 orang yang masing-masing berdomisili di objek wisata tempat penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis (Multiple linear regression).Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis Regresi liniear berganda menunjukkan bahwa hubungan parsial variable promosi tempat wisata terhadap kesejahteraan masyarakat dan variable kunjungan wisatawan terhadap kesejahteraan masyarakat memiliki hubungan yang positif namun tidak memiliki sifat yang signifikan, begitupun jika dilihat dari hasil analisis bahwa variable promosi tempat wisata dan kunjungan wisatawan secara bersama-sama (simultan) memiliki hubungan yang positif namun tidak memiliki sifat yang signifikan hal ini dibuktikan dengan bertambahnya indicator promosi tempat wisata dan bertambahnya kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai batu buaya akan membawa dampak positif pada kesejahteraan masyarakat