ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK PERKREDITAN RAKYAT DANA RAYA MANADO

Authors

  • Rocki Warouw Jurusan Manajamen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Silvyah L. Mandey
  • Ferdy Roring

Keywords:

Kualitas Pelayanan, kualitas produk Kepuasan Konsume

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank perkreditan rakyat dana raya manado. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan kualiatas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabahdi bank dana raya manado. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan jumlah kuesioner 80 responden yang merupakan nasabah Bank perkreditan rakyat dana raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kualitas pelayanan Berdasarkan hasil pengujian parsial (uji t) antara variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) menunjukan bahwa nilai T hitung untuk variabel kualitas pelayanan (X1) adalah sebesar3.095 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003. T hitung yang bernilai3.095 tersebut memiliki nilai yang lebih besar dibanding t tabel 1,98552. Sedangkan tingkat signifikansi memiliki nilai yang lebih besar dari Alpha (0,05). 62 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Hal ini berarti kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan nasabah Dan kualitas produk adalah sebesar 2.944 dengan tingkat signifikansi 0,004. T hitung yang bernilai2.944 tersebut memiliki nilai yang lebih besar dibanding T tabel 1,98552. Sedangkan tingkat signifikansi memiliki nilai yang lebih kecil dari Alpha (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Nasabah

 

Downloads

Published

2021-10-15

Issue

Section

Articles