PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL QUALITY MANADO
Keywords:
Motivasi, Persepsi, Keyakinan, Sikap, Pengetahuan, Kepuasan KonsumenAbstract
Kepuasan konsumen akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari perusahaan (pemberi jasa) kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipresepsikan konsumen. Berbagai faktor seperti: subjektivitas pemberi jasa, kondisi umum psikologis (konsumen maupun pemberi jasa), kondisi lingkungan eksternal dan sebagainya tidak jarang turut mempengaruhi sehingga jasa sering disampaikan dengan cara yang berbeda dengan yang dipresepsikan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh faktor-faktor psikologis terhadap kepuasan pengguna di hotel quality manado. Metode dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda koefisien korelasi (r), uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis, menggunakan uji F dan t.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik Slovin digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara Simultan variabel Motivasi, Persepsi, Keyakinan, Sikap dan Pengetahuan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Quality Manado. Variabel Motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Sig. (0.02<0.05). Variabel persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Sig. (0.02<0.05). Variabel Keyakinan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Sig. (0.795>0.05). Variabel Sikap secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Sig. (0.656>0.05). Variabel Pengetahuan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Sig. (0.175>0.05). Variabel Motivasi (X1) memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) dengan Nilai koefisien regresi 0.304