ANALISIS PENGARUH EKSPOR IMPOR DAN JUMLAH UANG BEREDAR (M2) DI INDONESIA TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH / US$ DOLLAR (2000-2019)

Authors

  • Selpianus Fordatkosu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado, 95115, Indonesia
  • Robby Joan Kumaat
  • Dennij Mandeij

Keywords:

Ekspor, Impor, M2 dan Nilai Tukar.

Abstract

Dalam perekonomian internasional perdagangan internasional adalah perdagangan  yang di lakukan oleh penduduk suatau negara atas dasar kesepakatan bersama. Ekspor merupakan salah satu sektor yang mendukung perekonomian suatu negara dalam hal perdagangan barang maupun jasa, Pembelian dan pemasukan barang dari luar ke dalam negeri merupakan kegiatan impor, Jumlah uang beredar merupkan uang yang dipegang ditangan masyarakat, Nilai tukar adalah harga dimana mata uang asing yang dinyatakan kedalam mata uang negara asal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari: (1) ekspor Indonesia terhadap nilai tukar / us dollar, (2) impor Indonesia terhadap nilai tukar / us dollar, (3) jumlah uang beredar M2 di Indonesia terhadap nilai tukar / us dollar. Jenis  penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ekpor Indonesia berpengaruh signifikan pada nilai tukar rupiah/ us dollar secara positif , (2) impor Indonesia memiliki pengaruh  signifikan terhadap nilai tukar rupiah/ us dollar, (3) jumlah uang bererdar M2 berpengaruh signifikan  pada nilai tukar rupiah/us dollar.

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles