ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DRIVER GRAB BIKE DI KOTA MANADO

Authors

  • Saskia R.E. Egeten Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Ita Pingkan F. Rorong
  • Jaclien I. Sumual

Keywords:

Tarif, Jam Kerja, Jumlah Point, Pendapatan

Abstract

Pembangunan ekonomi suatu kota membutuhkan jasa angkutan yang cukup serta memadai. Tanpa adanya transportasi sebagai sarana penunjang tidak memungkinkan tercapainya hasil yang memuaskan dalam usaha pengembangan ekonomi suatu Negara. Perekonomian Indonesia sangat tergantung dengan adanya transportasi. Transportasi sudah ada sejak dahulu dan mengalami perubahan dari masa ke masa. Kemajuan teknologi dan manajemen transportasi merupakan hal utama yang harus disikapi oleh pemerintah dalam upaya pemeratahan pembangunan ekonomi diseluruh wilayah baik pedesaan, perkotaan, maupun daerah-daerah terpencil.

         Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Tarif, Jam Kerja dan Jumlah Poin terhadap Pendapatan Driver Grab Bike di Kota Manado.

         Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Regresi Linier Berganda, dimana Tarif, Jam Kerja dan Jumlah Poin sebagai variabel Independen dan Pendapatan sebagai variabel Dependen .Sumber pengumpulan yang data yang digunakan adalah data primer jenis penelitian ini yaitu deskripsitf kuantitatif, sampel yang diambil dari 40 responden. Pengolahan data dalam Penelitian ini menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Tarif berpengaruh positif dan signifikan  terhadap Pendapatan Driver Grab Bike sedangkan variabel Jam Kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap Pendapatan Driver Grab Bike  dan secara parsial Jumlah Poin berpengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat Pendapatan Driver Grab Bike di Kota Manado. Dan secara Simultan dari ketiga variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Driver Grab Bike di Kota Manado.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles