ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PASAR 54 DI KECAMATAN AMURANG

Authors

  • Deysi M. Sondakh Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Debby Ch. Rotinsulu
  • Mauna Th. B. Maramis

Keywords:

Modal Usaha, Lama Usaha, Jam Berdagangt, Pendapatan

Abstract

Perkembangan perekonomian Indonesia pada saat ini bisa diukur oleh maraknya pembangunan pusat perdagangan. Pasar memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi dan pembangunan perekonomian suatu negara. Melalui pasarlah kegiatan perdagangan itu dapat berjalan. Keberadaan pasar juga membantu rumah tangga (rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen dan pemerintah) memperoleh kebutuhan dan atau juga pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha dan Jam berdagang terhadap Pendapatan Pedagang Pasar 54 Amurang. 

 Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dan uji statistik, sumber pengumpulan data yang digunakan adalah data primer jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif, sampel yang diambil dari 40 responden pedagang pasar 54 Amurang, penelitian ini menggunakan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Modal Usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar 54 Amurang, variabel lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan pedagang pasar 54 Amurang sedangkan variabel jam berdagang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan pedagang pasar 54 Amurang. 

 

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles