ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN DI KECAMATAN AMURANG KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Melania D. Pusung Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Anderson G. Kumenaung
  • Ita Pingkan F. Rorong

Keywords:

Tenaga Kerja, Jarak Tempuh, Harga Jual Ikan, Pendapatan

Abstract

Masyarakat nelayan memiliki karakteristik khusus yang membedakan mereka dari masyarakat lainnya, yaitu karakteristik yang terbentuk dari kehidupan dilautan yang sangat keras dan penuh dengan resiko, terutama resiko yang berasal dari faktor alam. Wilayah pesisir diketahui memiliki karakteristik yang unik dan memiliki keragaman potensi sumber daya alam, baik hayati maupun non-hayati yang sangat tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Tenaga Kerja, Jarak Tempuh dan Harga Jual

Ikan terhadap Pendapatan Nelayan di Kecamatan Amurang. . Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda, sumber pengumpulan yang data digunakan adalah data primer jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif, sampel yang diambil dari 40 responden, penelitian ini menggunakan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tenaga Kerja dan Harga Jual Ikan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat pendapatan nelayan di Kecamatan Amurang sedangkan variabel Jarak Tempuh tidak berpengaruh terhadap tingkat pendapatan nelayan di Kecamatan Amurang.

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles