PENGARUH PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Authors

  • William H. Takapente Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Vecky A. J. Masinambow
  • Wensy F. I. Rompas

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu daerah secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pendidikan merupakan pembelajaran, pengetahuan, dan keterampilan untuk proses penyiapan subjek didik menuju manusia yang bertanggung jawab. Kesehatan adalah inti dari kesejahteraan baik secara fisik, mental dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendidikan dan kesehatan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data penelitian mulai dari tahun 2010-2020 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Bolaang Mongondow Selatan dengan menggunakan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan; 2) Kesehatan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan; 3) Pendidikan dan kesehatan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2010-2020.

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles