STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU POSO DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN POSO

Authors

  • Sesilia Angriani Katuwu EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Een N. Walewangko EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Irawaty Masloman EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang di tempuh pemerintah Kabupaten Poso dalam rangka mengembangkan potensi objek wisata agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jenis data yang digunakana dalam penelitian ini adalah data primer dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data diolah menggunakan metode analisis SWOT dan Regresi Probit Logit dengan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pengembangan objek wisata danau Poso dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso berdasarkan hasil analisis SWOT, terletak pada posisi strategi melalui Integrasi Horizontal yang terdapat antara peluang eksternal dan kekuatan internal. Pada model Probit strategi pengembangan pariwisata (X) mempunyai pengaruh sebesar 25,77 % sedangkan sisanya sebesar 74,23 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Karena nilai prob F-statistic = 0.001379 < 0.05, maka dapat diartikan bahwa variabel strategi pengembangan pariwisata (X) dapat menjelaskan variabel terikat atau PAD (Y).

Downloads

Published

2023-01-13

Issue

Section

Articles